Tuesday, March 15, 2016

Kue Bolu Gulung Batik

Kue Bolu Gulung Batik - Makanan yang satu ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia lo, namun karena banyak lidah penikmat kuliner tanah air suka dengan kue ini, maka seolah kue ini asli dari Indonesia. Kue bolu gulung yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama swiss roll ini memang sudah banyak dilakukan inovasi untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Dan akhir-akhir ini pun, seolah orang berlomba menciptakan kreasi roti bolu gulung yang lebih menarik dengan memberikan banyak motif pada lapisan atas bolu gulung. Ada yang menambahkan motif bunga, karakter kartun hingga batik.



Kue Bolu Gulung Batik

Ide kue bolu gulung batik ini pertama kali dikenalkan oleh seorang asli Jogjakarta yang kini menetap di Bekasi, Jawa Barat. Dialah Retno Dyah yang berhasil menginovasikan bolu batik ke dalam kue bolu gulung yang diproduksinya. Beberapa kali mencoba selalu gagal, dan pada akhirnya berhasil menemukan formula yang tepat dalam memberikan hiasan batik dalam bolu gulung yang diproduksinya. Awal pemasaran dilakukan hanya dengan memberikan free sample kepada kerabat dekat, sahabat dan tetangganya. Tidak di sangka respon yang diterima sungguh luar biasa. Bahkan tidak sedikit yang meminta dibuatkan untuk oleh-oleh. Selain kebanjiran order pembuatan bolu batik, Retno juga kebanjiran permintaan untuk membuka kursus pembuatan kue bolu gulung batik tersebut. Maka, dibuatkanlah kursus khusus pembuatan bolu gulung batik tersebut secara periodik. Pesertanya pun seringkali berasal dari luar kota Bekasi dan ada juga yang berasal dari negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura.

Tidak mengherankan apabila beberapa media cetak dan elektronik seperti tabloid, televisi nasional meliput kegiatannya dalam mengelola bisnis pembuatan kue bolu gulung batik dan sekaligus bisnis pelatihannya.

No comments:

Post a Comment